Kelebihan HPL  dan kekurangan HPL
1. Beragam Corak
HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang dapat kita gunakan.dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak cocok dan warna kayu berbagai jenis.ada pula warna dan kesan metalik.


2. Anti Gores 
 HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air.tidak seratus persen anti gores,namun memang material ini sangat kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur.material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan furniture murah yang dijual di toko-toko furrniture

3. Bersih, Mudah, dan Cepat
HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco / atau sanding,karena material dilem pada multiplek.bagi pengrajin meubel dan furniture multiplek,material ini memiliki keunggulan proses pengerjaan yang mudah dan tidak meninggalkan sampah serta cepat

Kekurangan HPL

1.tidak dapat digunakan dibidang lengkung kecil

pengerjaan dengan HPL menyulitkan atau bahkan tidak mungkin untuk membuat bidng lengkung yang kecil misalnya sudut lengkung yang kecil dengan jari-jari 5cm.karena itu biasanya bidang lengkung yang terlalu kecil tersebut akan menggunakan panduan dengan sheet plastik.


2. Pemotongan HPL Tidak Rapi                 
  pemotongan HPL yang kurang yang kurang sempurna akan mengakibatkan adanya lapisan ketebalan HPL dan banyak pula kasus HPL terlihat kurang rapi di sudutnya.


3. Kurang Flexible
Secara fisik HPL sangat keras, tingkat flexibelnya rendah dan mudah patah sehingga jika tidak hati-hati Saat mengangkatnya.



4. Lem Mudah Lepas


lapisan HPL sering lepas jika proses lem tidak sempurna.


5. HPL Kurang Natural


hpl kurang natural dibandingkan cat melamik ,dimana cat melamik dapat menampilkan keaslian mulai dari urat kayu yang dipakai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini